Saturday, September 21, 2019

Contoh Penelusuran alumni dan Buku catatan alumni tiap tahun di Sekolah


Penelusuran alumni dan Buku catatan alumni

Contoh Penelusuran alumni dan Buku catatan alumni tiap tahun di Sekolah. Perlu diketahui setiap tahun sekolah atau madrasah, mengeluarkan anak didiknya menuju jenjang lebih tinggi. Kalau MI maka alumninya akan melanjutkan ke mts/smp. Begitu seterusnya hingga alumni menjadi tokoh di masyarakat desa, perlu adanya pencatatan mereka dalam buku induk sekolah.

Bukti pencatatan ini kelak pada saat akan melaksanakan akreditasi, akan ditanyakan oleh tim asesor. Bapak ibu harus tahu dan paham, sudah sejauh manakah mereka pasca mengalami kelulusan dari sekolah. Apakah nasib mereka menjadi leb ih baik atau justru malah menjadi lebih buruk.

Tujuan pencatatan itu tidak hanya sekedar sebagai arsip sekolah saja. Namun ada tujuan jauh yang lebih manfaat dari itu. Yaitu para alumni sekolah yang hidupnya sudah sukses, entah jadi pejabat, bisnismen, tokoh agama, kelak bisa dimanfaatkan oleh sekolah untuk membantu dalam pengembangan madrasah atau sekolah.

Misal, ada alumni yang jadi pengusaha sukses, di datangi dan didekati, guna mengetuk hatinya mau membantu mengembangkan kemajuan sekolah atau madrasah. Syukur sekalian bisa mengabdi pada sekolah dengan cara menjadi guru atau apa sajalah.

Inilah salah satu manfaat pencatatan buku alumni sekolah atau madrasah. Memang terlihat sepele, akan tetapi, bila di data dengan baik, maka akan banyak sekali manfaat bagi madarasah atau sekolah di masa yang akan datang.
Saya yakin, alumni yang pernah belajar dan menjadi pribadi sukses, akan punya rasa memiliki terhadap madrasah atau sekolah, sehingga hati akan terketuk untuk membantu dan menyumbang perkembangan dan kemajuan sekolah.

Berikut ini adalah contoh buku pelacak catatan alumnisekolah atau madrasah yang sudah kami save di google drive. Anda bisa melihat dan mengambilnya dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




Contoh Penelusuran alumni dan Buku catatan alumni tiap tahun di Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: saya

0 comments:

Post a Comment