Monday, September 16, 2019

Contoh RKM Rancangan Kerja Madrasah MI


Contoh RKM

RKM atau Rancangan Kerja Madrasah merupakan panduan yang harus disusun oleh sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan melibatkan pihak pihak yang berkaitan. Diantaranya adalah kepala sekolah, komite, yayasan, pembimbing (mentor), dan juga dewan guru. Sebab isi dari sebuah RKM pada nantinya adalah kegiatan kerja dari madrasah.

Di dalam draf RKM memuat sejumlah langkah kerja mulai dari latarabelakang madrasah, visi dan misi, tujuan, dan lain lain. Sebelum menentukan langkah kerja madrasah, maka dibuatlah sebuah rumusan kerja madrasah, kira kira apa saja yang hendak akan dikerjakan oleh madrasah.

Dalam membuat rumusan itu, maka harus ada indikator pencapaian kerja yang dilakukan sekolah. Draft rkm ini menjadi sangat jelas sebagai jalan panduan madrasah dalam menjalankan kerjanya. Bisa dikatakan, draf ini merupakan panduan madrasah dalam melakukan program kerja nyata serta pencapaian yang hendak akan dituju.

Dalam pembuatan draf RKM ini, dilakukan selama setahun, dengan dibagi menjadi tiap semester.

Kemudian program RKM ini juga harus dilakukan evaluasi program kerja apa saja yang sudah berjalan dan belum. Maka setiap tahun sekolah atau madrasah, harus membuat draf ini agar ibarat orang melangkah, tidak salah langkah.

Kemudian draft ini harus dipertanggungjawabkan kepada pemerintah melalui wakilnya yakni tim asesor tiap lima tahun sekali. Oleh karena itu, maka draf rkm ini harus disimpan dengan baik karena kelak akan berguna bagi madrasah saat dilakukan pertanggungjawab oleh pemerintah.

Bila anda ingin memiliki draf rkm , bisa lihat link di bawah ini, kami simpan dalam bentuk zip. Kemudian diklik kanan dan ekstrak.


Contoh RKM Rancangan Kerja Madrasah MI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: saya

0 comments:

Post a Comment